Malaysia

Malaysia merupakan sebuah Negara kerajan. Wilayahnya terdiri dari dua bagian yang terpisah. Sebagian berada di semenanjung Malaysia yang disebut Malaysia Barat dan sebagian berada di bagian utara pulau Kalimantan yang disebut Malaysia Timur.

A.Bentang Alam

 1)Letak Geografis

Malaysia timur

a.sebelah utara dibatasi oleh Negara Brunei Darussalam dan Filiphina.

b.sebelah timur dibatasi oleh Laut Sulawesi.

c.sebelah selatan dibatasi oleh Negara Indonesia.

d.sebelah barat dibatasi oleh Laut Cina selatan dan Indonesia.

Malaysia barat

a.sebelah utara dibatasi oleh Negara Thailand.

b.sebelah timur dibartasi oleh Laut Cina selatan

c.sebelah selatan dibatasi oleh Negara Singapura dan Indonesia.

d.sebelah barat dibatasi oleh Selat Malaka.

2)Letak Astronomis

Malaysia Timur berada pada posisi 1ºLU-7ºLU dan 100º40’BT-119ºBT. Malaysia Barat terletak pada posisi 1ºLU-7ºLU dan 100ºBT-104º02’BT.

3)Iklim

Malaysia beriklim tropis.Curah hujan rata-rata 2.540 mm/tahun dengan suhu rata-rata27ºC.Musim hujan terjadi mulai bulan November hingga Maret.Musim kemarau terjadi mulai bulan juni hingga awal September.

4)Keadaan Alam

Malaysia Barat bagian tengah terdiri dari pegunungan rendah.Batuannya terdiri dari batuan granit dan batu kapur.Malaysia tidak memiliki gunung berapi.Sekitar 70% luas wilayahnya masih tertutup hutan termasuk hutan karet.Sedangkan pantai-pantainya berawa-rawa dan berlumpur.

Sebagian besar wilayah Malaysia Timur merupakan pegunungan yang tertutup hutan lebat.Gunung Kinibalu (4.175 m) merupakan gunung tertinggi di wilayah ini.Dataran rendah terdapat di sepanjang pantai bagian barat.

Malaysia Barat terdiri atas 11 negara bagian yaitu Johor, Kedah, Kelantan, Malaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Pulau Pinang, Selangor, dan Trengganu. (Sumber)

B.Penduduk

Luas wilayah Malaysia adalah 329.749 km².Penduduk Malaysia terdiri dari: Bangsa Melayu (59%),Bangsa Cina (32%),dan Bangsa India (8%).Sisanya terdiri dari Suku Semang(asli Malaysia) dan Suku Dayak yang berada di Malaysia Timur.Pada pertengahan tahun 2004 jumlah penduduknya 25,6 juta jiwa dan berdasarkan pekiraan pada tahun 2025,jumlah penduduknya akan meningkat menjadi 36 juta jiwa.Malaysia memiliki angka kelahiran 26 dan angak kematian 5.Sedangkan pertumbuhan penduduk alaminya mencapai 2,1% per tahun.

Sistem Pemerintahan Malaysia

Malaysia merupakan Negara yang berbentuk federasi. Dimana Malaysia terdiri dari tiga belas negara bagian dan tiga wilayah persekutuan yaitu persekutuan Kuala Lumpur, Labuan Island dan Putrajaya sebagai wilayah administratif federal. Setiap Negara bagian memiliki majelis, dan pemerintah negara bagian dipimpin oleh kepala menteri (chief minister) dimana kepala menteri di tiap Negara bagian diangkat oleh majelis Negara bagian.

Bentuk pemerintahan Malaysia adalah monarki konstitusional, yaitu berupa Negara kerajaan yang diatur oleh konstitusional. Dimana kepala negaranya merupakan seorang raja yang disebut dengan Yang di-Pertuan Agong (Raja Malaysia). Yang di-Pertuan Agong dipilih dari dan oleh sembilan Sultan Negeri-Negeri Malaya, untuk menjabat selama lima tahun secara bergiliran; empat pemimpin negeri lainnya, yang bergelar Gubernur, tidak turut serta di dalam pemilihan.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Malaysia adalah system parlementer. Sistem parlementer yang dipakai oleh Malaysia bermodelkan sistem parlementer Westminster, yang merupakan warisan Penguasa Kolonial Britania. Tetapi apabila melihat prakteknya , kekuasaan lebih terpusat di eksekutif daripada di legislatif, dan judikatif diperlemah oleh tekanan berkelanjutan dari pemerintah selama zaman Mahathir, kekuasaan judikatif itu dibagikan antara pemerintah persekutuan dan pemerintah negara bagian. Dalam system pemerintahan Malaysia yang menjadi kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri. (Sumber)

C.Kegiatan Ekonomi

1)Pertanian dan Perkebunana

Perkebunan yang paling besar adalah perkebunan karet.Keseluruhan hasilnya mencapai 40% dari hasil karet seluruh dunia.Hasil lainya adalah kelapa sawit,kayu,singkong,dan beras.

2)Pertambangan

Hasil tambang yang paling besar adalah timah,kapasitas produksi nomor satu di seluruh dunia.Malaysia memiliki pengolahan timah terbesar di Asia Tenggara,yang terdapat di Penang.Hasil tambang lainnya adalah bauksit,batu bara,besi,tembaga,dan emas.

3)Perdagangan

Impor: beras,mesin,alat transportasi,bahan-bahan kimia,dan bahan-bahan elektronika.

Ekspor:karet,kayu olahan,kopra,timah,besi,minyak tanah,dan bauksit.

D.Hubungan Malaysia dengan Indonesia

1)Hubungan Bilateral

a) hubungan diplomatic

Masing-masing Negara mewakilkan seorang duta besar untuk urusan diplomatic.Duta Besar Malaysia ditempatkan di Jakarta dan Duta Besar Indonesia di tempatkan di kuala Lumpur.

b) bidang ekonomi

*perdagangan.Barang-barang Malaysia yang di ekspor ke Indonesia,antara lain minyak bumi masak,bahan kimia,benang sintesis,alcohol,dan baja lempengan.Barang-barang yang diimpor dari Indonesia,antara lain minyak bumi mentah,batu bara,kayu,jati karet alam,kopi dan sayur-mayur.

*bidang jasa.Misalnya ,jasa transportasi laut dan udara.Jasa penerbangan Garuda Indonesia Airways (GIA)mengadakan penerbangan ke Malaysia dan Malaysia Airlines (MAS)mengadakan penerbangan ke Indonesia.Jasa pelayaran lalu lintas laut,yaitu kapal ferry dari medan ke Penang.

c)bidang budaya

(1)mengadakan pembakuan ejaan bahasa bersama.

(2)mengadakan kesepakatan penggunaan istilah-istilah dalam bahasa ilmu pengetahuan.

(3)bantuan dokter Indonesia ke Malaysia.

(4)kerjasama di bidang pendidikan.

d)bidang keamanan

Kerja sama menumpas gerombolan komunis di Malaysia timur,serta latihan militer bersama dengan nama malindo(Malaysia dan Indonesia)

E.Kerja Sama Regional

Indonesia dan Malaysia sama-sama aktif dalam menggalang kerjasama ASEAN ,baik di bidang politik,ekonomi,maupun social budaya.

F.kerja sama internasional

Indonesia dan Malaysia ikut berperan aktif serta dalam organisasi internasional,seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa(PBB),Organisasi Konferensi Islam(OKI),dan Gerakan Non Blok(GNB).

Komentar
  1. hi mengatakan:

    wah.. thanks banget nih bwt tugas geo gua.. thanks cuy

  2. akmalinda mengatakan:

    Alhamdulilah…..makasi banget,ini sangat membantu…..ringkas dan jelas.

  3. arie mengatakan:

    terima kasih, berkat text di atas saya disa mengerjakan tugas saya

  4. chabie mengatakan:

    bdw batas wilayah tuh sama jja gag ma letak geografis ???

    thx yea info di atas lengkap bgdd…..

  5. anisa andriani mengatakan:

    makasih ya informasinya,,,
    lengkap bnget

  6. InDah mengatakan:

    Sip bGt dah… ^_^
    thankz eeeeeeaaaaa

  7. panji mengatakan:

    makasih banget ya informasinya lenkap banget

  8. kiki mengatakan:

    terima kasih bgt atas informasinya,karna saya mengerjakan tugas dngan baik dan bnar

  9. *~ sH3rRy ~* mengatakan:

    Thx banget ya….
    Ini ngebantu banget untuk ngerjain tugas aQ….
    Sekali lagi THX BANGEEEET…. :3

  10. ita mengatakan:

    makasih banget yah buat informasinya .

  11. millenia fivers mengatakan:

    lengkap banget toooop deh

    makasih ya

  12. Britanianshinee mengatakan:

    Thanks infonya :)

  13. somebody mengatakan:

    makasih banyak jadi aku bisa ngerjain tugas

  14. aatun mengatakan:

    alhamdulillah

  15. marinni mengatakan:

    keterangannya sudah lengkap . .
    tp tlong dong letak geografis dan geologis plus kota” pentingnya di cantumkan dong . . .

  16. tholib mengatakan:

    RINGKAS SEKALI……………………..

  17. man mengatakan:

    suwon infonya……..
    thank’s……
    terima kasih………

  18. hana sakai mengatakan:

    thx informasi nya :)

  19. Andini SP mengatakan:

    lengkap..
    sipp

  20. SURO mengatakan:

    Letak Geografis kok gag ada ya?

  21. KANSAS !! mengatakan:

    Kokk nggk ada penjelasan tentang bentuk pemerintahan, bentang alamnya dan penduduk…>??

  22. KANSAS !! mengatakan:

    Hany bentuk pemerintahnnya yg nggk ada.. :>

  23. salsaila mengatakan:

    menurut ku kurang lengkap,,,,,deh
    ,,,,…,,,..,,

  24. Wawan (SMAN 81 Jakarta) mengatakan:

    Cukup membantu..

    Terimakasih :)

  25. Lala mengatakan:

    sangat membantu saya mengerjakan tugas , terima kasih ya

  26. zenia mengatakan:

    makasaih skali, sngat mmbantu :)

  27. Reta mengatakan:

    Udah lumyan lngkap sih.. tpi gk ad ltak geologisnya..

  28. febrihana hana mengatakan:

    makasih banget tugas gua terbantu … :D :) :)

  29. shara mengatakan:

    kyaaa, makasih banget. sedikit tapi komplit ^^

  30. ft_fly'Owlsky mengatakan:

    Thanks banget yah!!! Tugas gw agak terbantu….

  31. nataL mengatakan:

    haha :)
    cukup memuaskan :D :D :D :P

  32. kita mengatakan:

    wesslah hade pisan euy

  33. fadhil mengatakan:

    Thanks bro udah ngebantuin gue buat nyelesain tugas IPS

  34. wilda rahama haerani mengatakan:

    bgus bgt jd gk prlu jauh2 nyari tgas

  35. Yasmn Nafisah mengatakan:

    kok ga ada letak geografis, sama letak geologis nyaa :(

  36. Nanda mengatakan:

    hebat banget nih info

  37. shafira mengatakan:

    makasih ya, ngebantu banget :)

  38. amel mengatakan:

    makasih……
    tapi ada yang kurang

  39. ulfie anindy mengatakan:

    thx infonya,,,ngebantu sekali^_^

  40. mang ayu nagh cbut mengatakan:

    thank”s sgt mmbntu gw

  41. mumun mengatakan:

    makasih

  42. Azura mengatakan:

    makasih ya, ini sangat bermanfaat :)

  43. mutia mengatakan:

    makasih banget loh ini:”) dari pagi sampe sore nyari gaada yg lengkap.. tp ini lengkap thx btw!lafyaaa ;)

  44. chelsea mengatakan:

    letak geografis
    koq ada 2 jdi bingung mw milih yang mna ?

  45. Seer mengatakan:

    mantabbb brooooo thankssss bgttttt!!!! :D

  46. Melisha mengatakan:

    Makasih eaj

    Berkat loe

    Tgas gw jdi bres

    From:melisa

  47. ikha fauzie mengatakan:

    thanks bwat info’y , tpi msih kurang lengkap ,,,

  48. Nuha mengatakan:

    tengs , tugasku selesai;)

  49. cindy rj mengatakan:

    kok gk ada hasil pertumbuhan dan hasil perekonomian nya :(

  50. muti'ah mengatakan:

    Thank bgtttttt

  51. Adam Ihza Rizaldy mengatakan:

    makasih ya…
    berguna banget nih… :D

  52. Dwi mengatakan:

    kalau letak geologis malaysia ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s