Pengaruh Media Tanam pada Perkecambahan Biji Kacang Hijau

BAB I PENDAHULUAN

A.Latar Belakang Masalah

Proposal ini kami buat untuk memenuhi tugas biologi yang diberikan oleh Bu Suprapti selaku guru biologi di SMA N 1 Lawang.Dengan dibuatnya proposal ini diharapkan dapat berguna bagi siapapun yang membacanya.Dan juga dapat menambah pengetahuan dari para pembaca.

Kacang hijau merupakan salah satu tanaman yang bernutrisi tinggi.Didalamnya terkandung protein,Vitamin B,A,dan,E.Selain itu juga bisa untuk melancarkan BAB dan menambah semangat.Dengan dasar-dasar dari atas dapat kita simpulkan bahwa kacang hijau sangatlah bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Sehingga kami memilih kacang hijau sebagai bahan penelitian kami.Kami sangat tertarik untuk melakukan inovasi pada kacang hijau,salah satunya kecambah.Kecambah merupakan salah satu tumbuhan yang multifungsional,selain dapat digunakan sebagai sayuran,juga sebagai makanan tambahan pada masakan nusantara.Dalam penelitian ini kami mencari tahu adakah pengaruh media tanam pada perkecambahan biji kacang hijau.

B.Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah diatas,rumusan masalahnya adalah “Adakah pengaruh media tanam pada perkecambahan biji kacang hijau”.

C.Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui adakah pengaruh media tanam pada pertumbuhan biji kacang hijau.

D.Manfaat Penelitian

-Untuk membantu produksi kecambah

-Mempercepat produksi kecambahan

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

A.Kajian Teori

Berdasarkan pengamatan kami selama melaksanakan penelitian di SMP menggunakan biji kacang hijau,pada saat itu kami meneliti tentang pengaruh cahaya pada perkecambahan biji kacang hijau waktu yang diperlukan pada proses perkecambahan adalah 5 hari.Media yang kami gunakan pada saat itu adalah kapas.

Kapas digunakan dalam penelitian tersebut karena dapat menggantikan tanah sebagia media tanamanya.Kapas dapat menahan biji kacang hijau agar tidak sepenuhnya terendam air ketika di beri air.Kapas juga kuat untuk menggantikan tanah sebagai tempat menancapnya bakal akar pada pertumbuhan biji kacang hijau.

B.rumusan Hipotesis

Berdasarkan pengalaman kami,terjadinya perkecambahan pada biji kacang hijau dengan menggunakan media kapas waktu yang dibutuhkan adalah 5 hari.Sehingga perkecambahan biji kacang hijau dengan menggunakan media kapas merupakan yang tercepat.

BAB III METODE PENELITIAN

A.Varibel dan DOV

Variabel Manipulasi

Menggunakan media tanam yang berbeda,dilakukan dengan cara biji kacang hijau di kapas dan daun.

Variabel Respon

Perbedaan kecepatan perkecambahan pada biji kacang hijau yang dukur setiap hari.

Variabel Kontrol

Berupa jenis biji kacang hijau,suhu ruangan,intensitas cahaya yang sama.

B.Rancangan Peneltian

Perlakuan I  : Biji kacang hijau ditanam pada media kapas

Perlakuan II : Biji kacang hijau ditanam pada media daun

C.Sasaran Penelitian

Menemukan media tanam yang cepat mempengaruhi perkecambahan biji kacang hijau,dengan target kurang dari 7 hari.

D.Alat dan Bahan

-9 biji kacang hijau

-3 tempat media tanam

-Daun

-Kapas

E.Prosedur Pelaksanaan Penelitian

Prosedur pelaksanaan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

1. Menyiapkan alat dan bahan

Pada sesi ini kami akan menyiapkan peralatan dan bahan-bahan yang akan kami gunakan dalam penelitian ini.kami akan mempersiapkan media tanam dan biji kacang hijau.

2. Pelaksanaan Penelitian

Setelah menyiapkan segala sesuatunya,selanjutnya adalah pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan dalam kurun waktu 7 hari.Dalam penelitian ini kami menilai,meneliti,dan menanggapi tentang pengaruh mdia tanam pada perkecambahan biji kacang hijau.

3. Mencatat

Setelah dilakukan pengamatan,kami mencatat perkembangan-perkembangan yang terjadi pada biji kacang hijau yang tercantum pada tabel berikut :

HARI KE

PANJANG KECAMBAH

DIAMATI PUKUL

F.Rencana Analisis Data

Data di analisa setelah kurun waktu yang telah di tentukan.Dalaam penelitian ini waktu yang di perlukan adalah 7 hari.Data tersebut akan kami rata-rata sesuai dengan ketentuan.Setelah hasil anasilisa keluar,akan kami gunakan untuk menguji hipotesa kami.

G.Jadwal penelitian

Hari ke 1-2    : mencari alat dan bahan yang dibutuhkan

Hari ke 3       : mempersiapkan alat dan bahan

Hari ke 4-10  : melakukan penelitian

Hari ke 11-12: analisis data

Hari ke 13-16: membuat laporan

DAFTAR PUSTAKA

Drs.Gunomo,2009,Modul Siswa Biologi untuk SMA.Surakarta : PT. YUDHA DUT GRAFIKA

Drs.H.B.Dzulkarnain,2000,Cara menggunkan TOGA.Jakarta : PT. PENEBAR SWADAYA

Komentar
  1. lilo mengatakan:

    mana bubur kacangna.

  2. Pradnya. D mengatakan:

    Apakah anda mempunyai grafik perkecambahan tanaman kacang hijau ini?? saya sangat membutuhkannya.

  3. Ima mengatakan:

    hasil penelitian n simpulannya qo gk da ea?

  4. tomo mengatakan:

    makasih ya ats proposal ya.

  5. Yuliet Iman Mega mengatakan:

    ad tugas nih,,pmbahasan sama ,,
    thks yaaa…

  6. ica mengatakan:

    klu bisa minta gambarnya coz butuh buat contohnya gt????????????????????????????????????????thanks

  7. HAPPY mengatakan:

    apakah koran bisa digunakan sebagai media perkecambahan kacang hijao?,,jika bisaa apa alasaannyaa??
    skiiaaan ,makasiii….

  8. orin jumselyna f. mengatakan:

    makasih atas makalax udh membantu gw gerjain tugas school

  9. VIeY RINNOA mengatakan:

    hasil penelitiannya gimana ? tampilkan juga nanti ya mbak!

  10. fani mengatakan:

    saya punya permintaan bisa gak kacang hijau di tanam di media tanah jangan daun……..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  11. pacar lilo mengatakan:

    @lilo sayang
    bieber kacangna lagie dy macak,ditunggu yach

  12. jackdics mengatakan:

    mksih yg dah liat web q tpi maaf q bru skrg liat web q krn dlu g rame,dan maaf lo q g sempat bls koment nya lain kali q pasti sering2 liat deh n lo da kritk n sran koment ja web q,….

  13. Annisa mengatakan:

    Terima kasih atas infomasiny gan, karena ada tugas kuliah tentang metode penelitian… sangat membantu saya. !!!

  14. liez mengatakan:

    ingin liat juga analisis data yang lengkap dan pembahasan mengenai hasil pengamatannya ??

  15. Makasih atas proposal’ea…

  16. husein fabregas mengatakan:

    tq, tq, tq bgt . . . dgn iti tgs skul q jd trsa lbh mdh !!! ^_~

  17. outsider mengatakan:

    thx bro, proposal anda angat berguna sekali

  18. Esqy Dhiyaul Fuady mengatakan:

    bermanfaat banget

  19. taris mengatakan:

    metode menanamnya kok gak di jelasin? jadi bingung

  20. titie mengatakan:

    mkchh..
    ckrg sya lbg mudah membuat proposal

  21. titasaternatez mengatakan:

    thanks yaa judulnya bagus ^^b

  22. anietha mengatakan:

    emmmm
    ad grafikx gag, co aq ge bth,
    thank’z

  23. Varadilla stefani germanotta mengatakan:

    Siiip,
    sangat membantu..
    Mkasii:)

  24. via mengatakan:

    tlng dilengkapi dgn foto/bukti observasi donk…

  25. tyas mengatakan:

    hasil pengamatan n kesimpulannya kok tidak ada yaa??
    btw thanks

  26. hikmah mengatakan:

    saya ada tugas ,
    BAGAIMANA PENGARUH TANAH TERHADAP KECAMBAH BIJI KACANG HIJAU ?tolong bantu saya tugas sekolah ini :(

  27. adib zulfaqqar usamah mengatakan:

    mf, saya mau tanya…
    apakah kcng hjau bsa di tanam di berbagai media tanam…???
    tlng jg apa faktor”nya…????

  28. po mengatakan:

    Lho . . . tegh propshal?
    bkn e neg kie trmzuk makalah?
    tp nda pa” …..
    ez bgs ogh….
    acungin jempol 10 dh…..

  29. diarsyahzy mengatakan:

    yg lbih cepet berkcambah yg mna ya???

  30. ali mengatakan:

    makasih byk ya atas ilmu yg tlah dibagikan ke kami

  31. Anonymous mengatakan:

    pas bgt , sama kyk tugas yg dikasih ke saya .. O__o

  32. Anonymous mengatakan:

    wah makasih bgt , jd dpt ilham sdikit .. :D

  33. Desti sintawati mengatakan:

    kurang komplittt ahhh,,
    masa rumusan masalahnya begitu doang!!

  34. Venty mengatakan:

    Penutup n kesimpulan nya mana?

  35. tian mengatakan:

    plessss ….. buat proposalnya tentang perkecambahan biji kacang hijau menurut suhu dingin , panas , & normalll

    pleaseeeeeeeeeeeee ….:D

  36. Lhiina'e mengatakan:

    lengkap bngettt..
    ny dy yg Q cri..

  37. anhy mengatakan:

    makasiiiiiiiiiiiiiiiiiih banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak each!!!!berkat makalah.a jdi mudah tugasku akhirnya selesai n moga ntar nilai.a dpt A+……amieeeen!!!

  38. Liezha Nax Muaniezt mengatakan:

    contoh cara merumuskan masalah dan pertanyaan qox cuma satu zieh…lebih banyak donk… and desain penelitian nya mana….?????? blz ea okey… @_@…..

  39. Rafi Rvayy mengatakan:

    THANKSSS YA.. atas proposal nya…!!!! :D

  40. syahrul mengatakan:

    makasih smua na,,sdh mmbri tahu informsi na……..

  41. anggraeny mengatakan:

    thanks banget,,pi kok tabelnya gak di isi

  42. Maysita mengatakan:

    Yang pake media tanah dong. . .

  43. satria sandy mengatakan:

    kalau laporan penelitian tentang pengaruh cahaya matahari dan air terhadap pertumbuhan kacang hijau gimana contoh nya ?
    apa aja yang beda sama yang di atas ?

  44. satria sandy mengatakan:

    kalau laporan penelitian tentang pengaruh cahaya matahari dan air terhadap pertumbuhan kacang hijau gimana contoh nya ?
    apa aja yang beda sama yang di atas ?
    thanks ..

  45. noval mengatakan:

    terimakasih atas propsalnya,,,
    ini sngat membantu untuk KIR saya….

  46. pheeephyyyeeeh mengatakan:

    Thx berkat makalahx nilai qh meningkat !!!

  47. Fakhri Muharram mengatakan:

    kalau bisa sih ka sama gambarnya butuh banget soalnya buat di sekolah….

  48. Rengga 9C mengatakan:

    Kok gak di lihatkan hasil pertumbuhannya ya?

  49. Lalu Reja mengatakan:

    sulit juga buat proposal prnelitian………………………………

  50. annay mengatakan:

    kalau perkecambahan kacang merah gimana?????????????????????????????????????????????

  51. Heni Marquisa mengatakan:

    makasih iia buat proposal nya ,,,, jadi lebih gampang buat laporan :)

  52. Marchio Fatha Mulyadi mengatakan:

    makasih udah nolongin tugas ane gan

  53. mala mengatakan:

    di tanemnya pakai daun apa?blom jelas

  54. dedi anjing mengatakan:

    ditabur disawaah setelah di bajak tumbuh juga, kami di aceh kayak gitu tanamnya. kalo buat buat penelitian gitu kan ada asalannya tu, kalo gak salah pasti proposal tuk modal usaha di kantor, emeng dunia udah mau kiamat

  55. dedi anjing mengatakan:

    truz kacang hijau tu gak bgus bgt buat kesehatan,,,saya dedi anjing tau benar tu,,,dari hasil penelitian dua tahun yang lalu kami makan bubur kacang ijau,,makannya malam gitu.. truz besok pagi saaat kami bngun mau bikin pr, lagi enak enaknya bikin pr eh dia kawan ku tu kentut…bau bgt kentut<, aku pikir emang kayak gitu selalu bau kentutnya, ternyata saat saya dedi anjing kentut gak kalah baunya sama kawan saya. haasilnya kalo dipikir2 kalo hirup udara keentut terseebut gak bguskan mak buat kesehatan ?

  56. Iis mengatakan:

    Proposal nya tak lengkap .
    BAB IV nya ndak ada .
    :(

  57. lutfi mengatakan:

    bagaimana pemupukan yang baik?

  58. Tasya Ranie mengatakan:

    permisi, saya mau nanya, gimana kalau medianya tanah sama kapas basah? tolong kasih tau secepatnya ya.. makasih :)

  59. Ndi mengatakan:

    ehm…

  60. ira mengatakan:

    terimakasih banyak…… ini sangat membantu

  61. putry mengatakan:

    kesimpulan nya mana? lampirkan dong penting ni tugas sekolah !
    oleh putry

  62. tya santiago mengatakan:

    makasii atas makalahnya..
    sangat membantu.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s