Resensi Obama Anak Menteng

Resensi Novel ‘Obama Anak Menteng’

Judul Buku: Obama Anak Menteng

Pengarang : Damien Dematra

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit : Cetakan ke-3, Juni 2010

ISBN : 978-979-22-5494-5

Tebal Buku: xi + 206 hlm

Harga : Rp45.000,00

Pengarang Indonesia yang telah menulis 53novel, beberapa diantaranya berisikan ceritafiksitokoh-tokoh terkenal, seperti Gus Durdalam novel ‘Sejuta Doa untuk Gus Dur’. Kali ini beliau mengangkat cerita masa kecilkehidupan Barack Obama yang disadur darikehidupan nyata dan ditulis dalam rangkaiankata-kata khas Demian Dematra. Novel inimerupakan suatu karya indah hasilkeberanian Demian dalam membentuk suatucerita nyata kehidupan Obama kecil daricerita-cerita teman-teman Obama semasa iatinggal di Menteng. Sebagai penulis yangmultitalenta, ia mampu menceritakankehidupan Obama yang saat kecil dipanggil‘Barry’ dengan mengalir walau ceritanyahanya tentang kehidupan sehari-hari Obamasebagai pelajar asing yang baru pindah kekawasanMenteng. Kata-kata yangdigunakan pun beragam sehingga tidakmembuat penikmat sastra kebosanan, namuntetapuntuk remaja.

Barry kecil yang baru pindah ke Mentengitu, menemui tetangganya, Slamet danYuniadi yang penasaran akan kedatangan iadan keluarganya. Semenjak itu, mereka kiandekat dan menjadi teman sepermainan yangakrab. Melalui hari bersama, mulai daribermain ping-pong hingga saat merekabersama membantu Barry yang selaluditindas karena keunikannya yang dianggapaneh oleh sekelompok anak nakal.Semuanya dilalui dengan suka duka denganadanya Barry yang mudah diusili, hingga sampai suatu hari Barry mendadak pindahmenemui ayah kandungnya di Hawai danmereka putus kontak sama sekali. Tanpadisangka seiring waktu berlalu, Barry yangmereka kenal telah menjadi seorangpresiden Amerika yang hanya mereka dapatlihat melalui pesawat televisi.

Dari buku ini kitabisa mengenal lebih baik kehidupan BarackObama selama di Menteng. Secara moral,buku ini mendidik kita tentang bagaimanamelawan perbedaan yang ada, menjadiberani, juga sarat makna lainnya yangmengharuskan buku ini untuk dibaca di sela-sela kesibukan yang anda. Bahkan untukdiceritakan untuk anak kecil bisa menjadicerita yang menarik mengenali karakterpresiden Amerika pertama yang berkulithitam.

Buku ini walau ditulis dalam alur yangmengalir dan kata-kata yang tidak monoton,namun ceritanya seputar kehidupan sehari-hari seorang pelajar SD juga membuatbosan. Mulai dari bangun, tidur, belajar,main,dan sebagainya. Terkadangdiceritakan pula saat-saat dimana Barrymerasakan ketertarikan terhadap perempuanataupun sebaliknya, namun hal tersebutterbilang tidak terlalu penting, bahkanterlihat terlalu dipaksakan untuk menjadibagian dari cerita. Selain itu, dikarenakanalurnya yang terus mengalir serta detil-detildalam setiap babnya membuat bukudiharuskan membaca benar-benar dari awalhingga akhir untuk mengerti karya Demiansatu ini.

Buku ini cocok sebagai bacaan hiburan bagisiapapun walau secara khusus ditujukanpada kalangan remaja.

 

By Dewi Wulandari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s